LANGKAH
– LANGKAH DAN TIPS
PC
TROUBLESHOOTING
Di
zaman yang serba modern ini adalah tidak berlebihan jika mengatakan bahwa
komputer merupakan alat bantu manusia yang paling cepat dan akurat. Tetapi
bagaimana pun juga seperti halnya mesin yang lain, komputer juga dapat
mengalami kegagalan dalam menjalankan fungsinya.
Masalah yang ditimbulkan oleh komputer kadang
kala merupakan masalah kecil yang tidak memerlukan tingkat pengetahuan yang
tinggi mengenai komputer. Untuk menyelesaikan hal itu, mungkin bisa diselesaikan
oleh seorang yang mempunyai pengetahuan sangat dasar tentang komputer. Tetapi
terkadang masalah-msalah tersebut juga membutuhkan tingkat kemampuan yang
tinggi tentang komputer dan komponen-komponennya sehingga memerlukan seorang
teknisi khusus untuk perbaikannya.
Tugas utama seorang teknisi PC ialah mengenali
komponen yang gagal berfungsi. “Troubleshooter” menggunakan segala peralatan
yang diperlukan serta kemampuan berpikir manusia, untuk mencari dan memperbaiki komponen yang gagal
berfungsi tersebut.
KATAGORI
PEMERIKSAAN KOMPUTER
Berikut merupakan kesimpulan tentang katagori
pemeriksaan computer yang merupakan bentuk-bentuk penelusuran terhadap
kesalahan yang terjadi.
Ø Kategori
Pemeriksaan Visual.
Pemeriksaan
visual merupakan tahap awal pemeriksaan yaitu pemeriksaan beberapa masalah yang
dapat ditangkap dengan mudah melalui pandangan mata atau apnca indra kita.
Pemeriksaan ini misalnya:
• Pemeriksaan sambungan-sambungan kabel,
seperti kabel poer atau kabel data. Apakah terdapat kabel yang lepas atau tidak
tersambung dengan benar.
• Pemeriksaan “jumper” seperti jumper
motherboard, harddisk atau CD ROM, apakah konfigurasinya sudah betul?
• Pemeriksaan pemasangan kartu-kartu seperti
kartu grafis, kartu audio dan sebagainya.
• Pemeriksaan
PCB- apakah ada yang bengkok, jalur putus, atau “burn-out”, apakah ada cip yang
terbakar dan sebagainya.
Ø Kategori
Pemeriksaan Bunyi
Pemeriksaan
bunyi merupakan pemeriksaan komponen dengan mendengarkan bunyi-bunyi yang dapat
memberikan arti sendiri akan kondisi komputer. Sebagai contoh adalah:
• Bunyi mekanikal boleh didengar dari putaran
disk, putaran kipas dan lain-lain. Apakah bunyi komponen-komponen tersebut
normal seperti biasa?
• Pendeteksian bunyi beep yang muncul ketika
POST. Bunyi beep yang ditimbulkan BIOS, memberikan arti tertentu.
Ø Kategori
Pemeriksaan Kondisi
Pemeriksaan
ini memerlukan interaksi yang lebih khusus seperti misalnya menyentuh cip untuk
merasakan suhunya. CPU yang mempunyai panas berlebihan, tentunya akan menimbulkan
masalah. Jika CPU memiliki chip yang besar seperti EPROM, mestinya memiliki
suhu yang hangat saja. Sedangkan chip yang kecil tidak panas langsung. Chip
keramik lebih panas daripada yang dibuat dari plastik. Jika terlalu sejuk ini
mungkin menunjukkan cip tersebut mati atau tidak ada arus yang sampai
kepadanya.
Ø Kategori
Pemeriksaan Isyarat
Ini
adalah cara terakhir jika semua langkah yang dilakukan tidak mampu mendeteksi
dan menyelesaikan masalah. Pemeriksaan ini lebih complicated, memerlukam
peralatan khusus, dokumen dan gambar system serta pengetahuan yang mendalam
mengenai system juga elektronik. Jika anda belum berpengalaman dikategori ini,
jangan ragu-ragu untuk berkonsultasi dengan orang yang anda anggap lebih
berpengalaman.
TIPS
BEKERJA DENGAN KOMPUTER
1. Jangan ragu-ragu untuk berkonsultasi dengan
teknisi yang ahli di bidangnya.
2. Jika todak diprlukan, jangan mengkoneksikan
listrik ke komputer saat casing masih terbuka.
3. Jaga kebersihan tempat anda bekerja.
4. Gunakan Sinar lampu
yang baik saat bekerja 5. Pakailah
sandal saat bekerja dengan komputer
6. Siapkan sapu tagan untuk untuk mengelap
keringat
7. Siapkan tempat untuk sekerup dan baut serta
beri tanda sekerup-sekerup tersebut
8. Jangan melakukan pemaksaan terhadap komponen
yang susah dipasang
9. berikan ground pada komputer
10. simpan komponen – komponen yang dilepas pada
tempat uang tepat
11. Lakukan pencatatan terhadap setiap perubahan
yang terjadi pada komputer anda
§ Peralatan
yang diperlukan pada saat melakukan throubleshooting
1. Tang
2. Obeng ( - dan + )
3. Digital multitester
4. Pinset
5. Gelang anti statis
·
Dokumen serta perogram pendukung yang
perlu dipersiapkan
1. Buku manual
• Buku manual CPU • Buku manual motherboard
• Buku data transistor
• Buku manual printer dll
2. Gambar – gambar skema komponen
3. CD Driver
• Driver motherboard
• Driver VGA card
• Driver printer
• Driver scanner dll
4. Program – program installer toll
• Disk manager
• Anti virus
• PC tolls dll
PERTOLONGAN
PERTAMA PADA KOMPUTER (P3K)
1. Komputer tidak mau hidup
• Cek koneksi kabel. Apakah kabel power sudah
terpasang.
• Pastikan kabel power tidak putus.
• Cek stabilizernya,
rusak atau tidak pastikan power suply tidak bermasalah dengan cara mengganti
kabel power.
2. Komputer mau hidup
tapi tidak mau booting Dalam hal ini kita mendeteksi kerusakan dengan cara
mendengarkan bunyi atau beep yang dikeluarkan oleh PC. Berikut daftar beep pada PC yang menggunakan bios AWARD
• Beep 1 kali berarti kondisi PC baik
• Beep 1 kali panjang berarti problem pada
memory
• Beep 1 kali panjang dan 3 kali pendek berarti
problem pada bagian VGA card
• Beep 1 kali panjang dan 2 kali pendek berarti
problem pada bagian DRAM Parity
siap gan
ReplyDeletesolder uap